News Details

research

Workshop ROKET AIR

       

Pada hari Sabut, 21 Januari 2023 sebanyak 121 siswa kelas 7 dari SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong meluncurkan rakitan roket airnya di acara Workshop dan Festifal Roket Air. Workshop dan Festifal Roket Air tersebut merupakan rangkaian agenda jeda PTS.

SMP Al Qolam Muhammadiyah Gemolong berkerjasama dengan SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang untuk mejadi fasilitator dalam kegiatan tersebut. Ada 40 Tim berhasil meluncurkan masing-masing 1 roket air dengan sempurna.

Ustadz Ahmad Rifai selaku Waka Kesiswaan mengapresiasi kegiatan tersebut, ia menuturkan kegiatan ini dapat menjadi media untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa keilmuan di tengah-tengah para siswa untuk selalu berpikiran kritis, tidak cepat  berpuas diri dan berusaha untuk memperoleh hasil yang terbaik, efektif dan sesempurna mungkin.

Ia pun menegaskan bahwa kegiatan festifal ini bukan kompetisi sehingga tidak ada menang kalah, semua yang ada disini masih dalam proses pembelajaran. “Kegiatan ini untuk mengenalkan teknologi kedirgantaraan pada siswa, sekaligus untuk menanamkan teknologi kepada anak-anak sejak dini,” katanya.

Selain itu, sambungnya kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi siswa karena dapat mendorong dan membudayakan kebiasaan serta etos berpikir kreatif di kalangan siswa.

“Karena dengan berpikir kreatif akan membiasakan siswa untuk berpikir sistematis, mulai dari menganalisa masalah, melakukan berbagai percobaan dan hingga akhirnya menemukan solusi,” imbuhnya.